WWW.ANDIKAFREEKICK.BLOGSPOT.COM

KOTAK KOMENTAR

Kamis, 07 Juni 2012

Matsunaga Shohei,Terapkan Filosofi Bola Modern "Attack From Wing"

Posted by Andikawap Production On Kamis, Juni 07, 2012 No comments


Belajar dari kegagalan. Itulah yang terus berusaha diterapkan Direktur Teknik Persiba Balikpapan Hans Peter Schaller kepada anak asuhnya. Pasca kekalahan 2-3 dari Sriwijaya FC, Schaller mengakui jika dirinya harus terus menerus melakukan evaluasi di tubuh timnya.

Kekalahan tipis tersebut, kata Schaller, memang tidak terlepas kurang berjalannya skema yang diinstruksikan kepada timnya. Pasalnya sesuai dengan filosofi sepak bola modern, sepak bola tidak harus terfokus pada lini tengah.

“Filosofi permainan sepak bola menyerang salah jika fokus di lini tengah. Tapi sesuai filosofi yang ada, permainan menyerang harus mengandalkan lewat pemain-pemain sayap. Di tengah sudah menumpuk pemain, bagaimana bisa melakukan serangan kecuali memanfaatkan sektor sayap,” terang Schaller.

Karena itu sejak kedatangan Schaller, tim kebanggaan Kota Beriman memang lebih mengintensifkan serangan dari kedua wing-nya.Tak salah jika  formasi 4-4-2 pun menjadi pilihan pria Austria ini.

Kelemahan pada sisi kiri, yang terlihat jelas saat melawan SFC, sudah tidak terlihat lagi, kala menundukkan Persiram Raja Ampat 5-1, Senin (4/6) lalu.Dari lima gol Persiba, empat diantaranya berasal dari bola yang mengalir dari sektor sayap tim Persiba, yang diisi Syaiful Lewenussa dan Shohei Matsunaga. Kerja sama keduanya memang layak untuk diacungi jempol.

“Bermain menyerang lewat sayap memang harus diterapkan tim kami. Hasilnya cukup menggembirakan. Dan saya salut kepada pemain sayap kita yang terus menerus bergerak mencari celah,” ucap dia.

Meski Schaller mengakui pemainnya mampu meningkatkan disiplin yang tinggi sehingga mampu menjalankan instruksi yang baik, pria asal Asutria ini sepertinya memberikan kredit poin kepada winger asal Jepang,ShoheiMatsunaga. Sekalipun di laga kontra Persiram Shohei tak mencetak gol, dia mampu memanjakan predator-predator  Persiba lewat umpan-umpanmatangnya. Dua gol dari Aldo, sontekan Kenji, serta tendangan first time Sultan Samma, tidak lepas dari kejeniusan dan mobile-nya penampilan Shohei.

Pemain yang pernah memperkuat klub Jerman Schalke 04Jrtersebut, sejatinya bukanlah pemain kidal, namun dia mampu memberikan umpan terukur dengan kaki kirinya. “Shohei pemain yang kreatif. Dia mampu memahami bagaimana pola yang saya inginkan. Ya, dia mampu mengaplikasikan filosofi sepakbola menyerang seperti yang saya inginkan,” puji  Schaller.

“Apa yang diinstruksikan pelatih sebisa mungkin harus saya jalankan. Apalagi saya  juga merasa cocok di posisi sekarang. Sebagai pemain sayap saya memang harus banyak bergerak mencari celah dan bagaimana memberikan umpan sebaik mungkin buat pemain depan kita,” sambut Shohei.(san)













0 komentar:

Posting Komentar